Selasa, 10 Maret 2015

Perusahaan Multinasional

Tahap yang dilakukan Perusahaan Domestik untuk menjadi Perusahaan Multinasional

Tahap- tahap yang perlu dilakukan oleh perusahaan domestik untuk menjadi perusahaan multinasional.
Perusahaan yang memasuki dunia bisnis internasional pada umunya terlibat atau melibatkan diri secara bertahap dari tahap yang paling sederhana yang tak mengandung risiko hingga tahap yang paling kompleks dan mengandung risiko bisnis yang sangat tinggi.
Berikut tahap-tahap yang perlu dilakukan :
1.Ekspor Insidentil
Dalam rangka untuk masuk ke dalam dunia bisnis internasional suatu perusahaan pada umumnya dimulai dari suatu keterlibatan yang paling awal yaitu dengan melakukan eksport insidentil. Dalam tahap awali ini pada umumnya terjadi pada saat adanya kedatangan orang asing di negeri kita kemudian kita harus mengirimkannya ke negeri asing itu.
2. Ekspor Aktif
Tahap terdahulu dan dapat berkembang terus kemudian adanya hubungan bisnis yang rutin dan kontiniu, bahkan transaksi yang semakin aktif . Keaktifan hubungan transaksi bisnis tersebut ditandai dengan semakin berkembangnya jumlah dan jenis komoditi perdagangan internasional. Pada tahap aktif ini perusahaan negeri sendiri mulai aktif melaksanakan manajemen atas transaksi itu.
3. Penjualan Lisensi
Tahap berikutnya adalah tahap penjualan lisensi. Dalam tahap ini Negara pendatanng menjual lisensiatau merk dari produknya kepada negara penerima . dalam tahap yang dijual adalah hanya merk atau lisensinya sajam sehingga  negara penerima dapat melakukan manajemen yang cukup luas terhadap pemasaran maupun proses produksi  termasuk bahan baku dan peralatannya . untuk keperluan pemakaian lisensi tersebut maka perusahaan dan negara penerima harus membayar fee atas lisensi itu kepada perusahaan asing tersebut
4. Franchising
Tahap berikutnya merupakan tahap yang lebih aktif lagi yaitu perusahaan disuatu negara menjua tidak hanya lisensi atau merek dagangnya saja akan tetapi lengkap dengan segala atributnya termasuk peralatan, proses produksi, resep-resep campuran proses produksinya , pengendalian mutunya, pengawasan mutu  bahan baku maupun barang jadinya, serta bentuk pelayanannya

·         Kelemahan dan kelebihan dari perusahaan multinasional
Kelemahan :
Semakin banyaknya Perusahaan Multinasional yang didirikan dapat mempengaruhi kekuasaan ekonomi negara. Tetapi, jika jumlahnya sedikit ,maka arti kuantitatifnya tidak banyak. Perusahaan multinasional tersebut memperoleh hasil berupa keuntungan yang akan dialihkan ke luar negeri kepada pemegang sahamnya serta penyusutan dalam praktek sering digunakan untuk menyembunyikann keuntungan-keuntungan agar tidak terkena pajak. Dapat merusak kehidupan politik dan ekonomi negara.
Kelebihan :
1.      Menambah devisa negara melalui penanaman dibidang ekspor
2.      Mengurangi kebutuhan devisa untuk import disektor industry
3.      Memodernisir industri lokal
4.      Ikut mendukung pembangunan nasional
5.      Menambah kesempatan kerja dengan membuka lapangan kerja baru.

Contoh Perusahaan Multinasional.

Mc Donald’s

Restoran ini didirikan oleh Richard dan Maurice Mcdonalds pada tahun 1937 disebelah timur kota Passadena. Saat itu McD hanya berupa restoran drive inyang pada saat itu sedang berkembang pesat trend drive in. Bangunan restorannya berbentuk persegi delapan. Kedua bersaudara tersebut ingin lebih mengembangkan restoran merekayangsudah cukup sukses pada waktu itu. Fokus utamanya adalah kecepatan pelayanan. Logonya berupa the golden arch yang memiliki warna kuning terang dan secara tidak langsung mencerminkan huruf M.
Pada tahun 1950-1960an produk-produk burger McD didistribusikan dengan cara penjualan langsung. Dan bisnis ini telaah menyebar ke berbagai daerah dan negara bagian. Untuk itu Kroc menerapkan prosedur operasi standard. Dan saat ini jumlah McD corporation beserta franchisenya mencapai 14.000 restoran. McD melayani sekitar 22 juta orang setiap harinya.
McD sendiri hadir di Indonesia pada tahun 1991dan merupakan negara ke 70 dari McD diseluruh dunia.Rachmadi Msc MBA adalah warga negara indonesia pertama yang berhasil mendapatkan hak master franchise dari McD corporation. Ia membuka gerai pertamanya di Sarinah Jakarta.
Sampai saat ini sudah ada 109 restoran McD yang tersebar di Indonesia dengan jumlah karyawan seluruhnyamencapai sekitar 8000 orang sebagian besar lulusan SLTA.

Kekuatan dan Kelebihan dari perusahaan McDonald’s

Kekuatan

McD merupakan salah satu pencetus restoran cepat saji di dunia yang mengutamakan kecepatan dan volume setiap penyajian makanannya. Strategi cepat saji tersebut ternyata digemari pelanggan sehingga semakin banyak pelanggan yang datang ke McDonald’s.
Menu yang ditawarkan tidak terlalu banyak sehingga mempermudah kemudahan bagi pelanggan untuk memesan menu. Dan rata-rata menu di restoran McD sama sehingga pelanggan tidak perlu ragu dalam memesan menu makanan. Serta McD juga menawarkan paket-paket makanan .
Harga yang ditawarkan oleh McD lumayan murah sehingga memungkinkan setiap kalangan untuk dapat menikmati makanan yang ditawarkan oleh McD tersebut untuk negara Amerika.
Untuk dapat bersaing di Indonesia McD membedakan segmentasinya dengan perusahaan cepat saji lainnya. McD memusatkan segmentasinya pada kalangan menengah keatas. Hal ini membuat McD mempunyai pangsa pasarnya sendiri yang berbeda dengan perusahaan cepat saji lainnya.
Lokasi dari restoran McD cukup strategis.
McD juga memiliki promosi yang baik . kampanye McD i’m Lovin it menjadi daya tarik pelanggan untuk datang menikmati makanan yang ditawarkan oleh McD.
McD menjalin kerja sama dengan perusahaan lain yaitu perusahaan Coca Cola.

Kelemahan

Nilai Gizi yang terkandung dalam setiap kandungan sajian yang ditawarkannya dianggap memiliki nilai Gizi yang sangat rendah, tinggi kolestrol dan dapat memicu berbagai macam penyakit termasuk kegemukan dan penyakit jantung.
Makanan yang ditawarkan McD sangat identik dengan makanan tidak sehat, sehingga banyak pelanggan yang membatasi diri untuk mengkonsumsi makanan cepat saji tersebut.
Harga yang ditawarkan McD di Indonesia lumayan mahal sehingga hanya dapat dijangkau o;eh kalangan tertentu saja.
Menu yang cenderung sama bisa memicu kebosanan para pelangaan McD.

Masih banyak contoh perusahaan multinasional yakni seperti :
·         Acer Inc.
·         Adidas
·         BMW
·         Coca-Cola
·         Honda
·         HSBC
·         KFC
·         Nokia
·         Pepsi
·         Puma
·         Dell
·         LG
·         Philips


1 komentar:

  1. halo saya anya bennett, seorang penulis keuangan. saya menulis di beberapa topik terkait keuangan seperti utang, pinjaman, asuransi, investasi dan sebagainya. saya menemukan blog Anda saat berselancar di internet untuk menemukan blog yang cocok untuk menulis artikel. itu sangat banyak akal dengan konten yang kaya dan bagus dan memiliki presentasi yang jelas. saya harus menghargai kerja keras Anda dan berharap Anda beruntung. saya bertanya-tanya apakah ada orang di sini yang mencari pemberi pinjaman pinjaman positif untuk melaksanakan proyek atau kebutuhan keuangan Anda? saya merekomendasikan orang tersebut untuk menghubungi mr pedro jerome (pedroloanss@gmail.com) yang telah membantu banyak pengusaha muda & tua di seluruh dunia untuk bantuan keuangan jadi saya sangat yakin bahwa mr pedro dapat membantu di tingkat 2. layanan pinjaman kepada siapa pun di sini mencari pinjaman. terima kasih sekali lagi telah mengizinkan saya untuk menulis di blog Anda. Saya yakin saya telah memberikan Anda artikel yang benar-benar unik dan relevan sehingga dapat bermanfaat bagi pembaca Anda. jika Anda tidak senang dengan catatan singkat saya, saya dengan hormat menyesalinya sebelumnya. salam hormat saya, anya bennett.

    BalasHapus